NGANGGUR 4 BULAN

Kali ini gue mau berbagi pengalaman selama gue lulus SMA.

Rasanya libur 4 bulan agak lebay, tapi FAKTA. Gue udh libur dr 4 bulan yg lalu. pokoknya setelah pengumuman snmptn 2015, gue udh jadi pengangguran. ngapain aja? gk perlu tau juga ya.

mau tau?
gini sekedar info aja. kalo abis pengumuman lu gak bikin planning buat ngapain aja, lu bakal ngerasain ini. pasti.

bosen.

yap. kebosanan bakal lu rasakan disaat-saat memasuki bulan kedua lu libur.
Ada beberapa hal yang bisa lu lakukan untuk mengisi waktu liburan lu yang terlalu panjang. Nah ini list nya yang udah gue siapin , cekidot:

1. Ucapkan Alhamdulillah apapun hasilnya.
terkadang bersyukur sering dilupain sama manusia-manusia gak tau diri kayak gue dan beberapa siswa diluar sana. harusnya jangan dilupain coy. kalo lu udah bersyukur, bersyukur dapet undangan PTN sesuai harapan lu, oke no problem. ucapkan `alhamdulillah`. tapi kalo lu merasa gak sreg, atau gak terima, gue harus mengatakan ini sih, "Inget nasib adek-adek lu kalo lu ampe gak jadi ngambil ptn itu. " udah syukuri aja, jalanin dulu. kalo emang mau sbm, ikutnya taun depan. toh lu juga bisa dapet spare waktu buat belajar persiapan sbm lebih lama. dan yang pasti itu ngebuat lu makin siap dan makin pede maximal untuk berjuang dan ngebattle otak lu demi ptn/jurusan/almet impian (it`s up to you). coba aja dulu.

2.Tulis kegiatan bermanfaat per hari.
nulis kegiatan apa aja yang mau lu lakuin di hari itu akan memudahkan lu memanagemen waktu liburan lu agar lebih produktif dan efektif.

3. Cari kegiatan yang bisa nambah softskill lu
ada beberapa pilihan kegiatan bermanfaat yang bisa lu coba buat ngisi waktu luang lu sekaligus nambah skill, seperti daftar les bahasa, belajar design di tutorial yutup, ikut komunitas, dsb. hal-hal tersebut bisa sangat bermanfaat untuk aktivitas lu nanti sebagai seorang mahasiswa. menyandang predikat MAHA sebagai kasta tertinggi dalam ke-siswa-an di negeri ini, itu rasanya susah-susah gampil coy. susahnya ya lu sekarang bener-bener sudah memasuki masa DEWASA TULEN. dimana semua yang lu lakukan harus mencerminkan sisi kedewasaan itu. itu penting, karena lu juga sembari ngebentuk karakter lu mau kayak gimana. dengan lu bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin, nanti di perkuliahan, lu akan menyadari betapa membantunya soft skills yang lu punya sekarang di kehidupan kampus.

4. Tetep asah otak lu
jangan mentang-mentang lu libur, trus lu males-malesan di rumah. seenggaknya lu beli koran tiap hari, baca koran, isi TTS. hehe. biar otak lu kaga tumpul karna kebanyakan libur.

5. Buat resolusi hidup
Mimpi dan tujuan hidup itu menurut gue pribadi itu penting. entah yang Short atau Long Term sifatnya, yang pasti itu wajibb banget lu punya, minimal pernah mikirin sepintas. karena apa? itu bisa jadi tambahan motivasi lu untuk hidup lebih baik lagi tiap hari. liburan boleh kok, kaga ada masalah. yang masalah itu saat hari esok sama saja dengan hari ini atau hari esok malah lebih buruk dari hari ini. lu buat, lu gak kehilangan arah. simplenya, saat lu melakukan karena biar dapet ridho dari Allah SWT, lu aman. lu tenang. dan terjamin. jangan hilang arah~

6. BACA BUKU!
targetin! seminggu 1 buku. buku adalah jendela ilmu. lu tau jendela? nah itu. saat lu buka jendela, lu bisa ngeliat dunia luar,  lebihhhh luas dan tak terhingga.
genre buku yang gue suka itu ada novel, biografi sama sejarah. tapi lebih suka biografi. recomended banget buat kalian yang suka nyari motivasi lewat tulisan, baca aja biografi tokoh terkenal. lu bisa nemuin soo many struggles. dan lu juga bisa ikut merasakan gimana pahitnya sebuah perjuangan demi merasakan manisnya sebbuah hasil. anjas~


sekian.
ohiya, sebulan yg lalu gue udh ngasih CV buat kerja part time di lembaga bimbingan belajar, tapi BELUM BERUNTUNG.

jadi gue nganggur lagi. dan dikit lagi gak nganggur, karna kuliah dikit lagi masuk.

sbenernya part time guru privat iitu banyaaak banget, coba aja kalian cari di gugel, dan jajal-jajal apply CV kalian yaaah.... keep trying! ganbatte kudasai! selamat mencoba kawan!

p.s: tujuan blog ini bukan sekedar curhat, mungkin terlihat seperti itu. tapi ini sedang proses untuk tidak menjadi blog sampah.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita selama MPA UNJ 2015 [PART 1]

DONOR DARAH 3 bulan sekali yuk :)

NASIB SI MIMPI.