[ PENGALAMAN ] ASAM MANIS PAKAI JASA MONEY CHANGER

Assalamu`alaykum.
halo semuanya, di tulisan kali ini saya mau menceritakan pengalaman saya menggunakan jasa penukaran mata uang asing yang ada di dalam negeri

dari IDR ke USD

dari IDR ke RMS

Awalnya saya ingin menukarkan Rupiah (IDR) ke Dollar Amerika (USD) sebesar Rp.1,7jt. karena saya hanya butuh nominal sekian. gak butuh banyak-banyak.
trus saya searching daftar bank yang menyediakan jasa penukaran Rupiah ke mata uang asing. dan saya coba di Bank yang  letaknya dekat dengan rumah. 

dengan membawa uang sekitar 1,7 jt saya bersama teman pergi ke bank tsb, lalu ke teller nya, dan mba-mba tellernya menjelaskan bahwa hanya dapat menukarkan dengan nominal 100 dollar. 
p.s: waktu itu bank yang gue datengin emang cuman tinggal punya 100 dollar. dan mba tellernya bilang bisa 50 dan 100 sebenernya. tp 50 kaga ada.

Saya sama temen saya juga gak lupa buat liat terus papan harga KURS yang ada di Bank. enaknya di bank gitu, kalo harga KURS penjualan dan pembelian mata uangnya untuk hari ini di tampilin. jadi kita bisa tau dan mengira-ngira, kira-kira berapa harga yang bakal kita dapat atau keluarkan untuk melakukan penukaran. selain itu, kita datag hari senin karena itu hari terekomendasi buat beli dollar wkwkwk.

waktu itu harga IDR ke USD itu sekitar 13,... (sekian). jadi kalo mau beli 100 dollar, ya ngeluarin 1,3 jutaan (sekitar segitu). akhirnya bisa. dan (curhat sedikit), gue sama temen gue itu baru pertama kali megang dollar dan ngeliat secara asli. trus duit Rp.1,3jt cash kita berubah menjadi selembar kertas bertuliskan 100 dengan gambar yang sering kita liat di tipi2.. 100 USD only one  (curhat selesai). 

kita memutuskan untuk ke MONEY CHANGER buat nuker sisa uangnya, sekalian nuker duit Rupiah ke Ringgit juga waktu itu. karena kita butuh juga. tp kl money changer tidak menampilkan harga kurs hari ini didepan etalasenya. jadi kalian harus hati-hati. 

cekidot tips dibawah ini!

Dapet lah jasa Money Changer di daerah jaksel, karena dekat dengan rumah. 
Nah, saya dan teman saya pergi ke alamat yang dituju. kita ke mall gitu. didalem Mall itu ada sekitar 3 Jasa Money Changer. Di lantai bawah ada 1 dan di lantai atas ada 2. saya pergi ke lantai bawah, karena dekat dengan parkiran. untungnya sudah buka. saat saya tanya berapa kalo mau beli dolar, harganya gak jauh beda sama kurs yang tadi kita lihat di Bank. sekitar 25 an digit bedanya. misal kurs idr ke usd = Rp.13,325/ dollar. nah kalo di money changer, sekitar Rp.13,350 an/ dollar gitu. 
yaudah, intinya kita deal dengan harga segitu. karena masih dibawah ambang batas kewajaran. keunggulan money changer, kita bisa nukar uang dengan nominal yang kecil, sen-sen an juga bisa. 
(Oke, sampai sini, AMAN)


untuk penukaran Rupiah(IDR) ke Ringgit(RM), saya menitip teman saya. kebetulan dia nukar sekitar 7000 RM dengan harga rupiah ke ringgit waktu itu dikisaran Rp.3.550/ringgit. saya masih ingat betul. akhirnya dengan harga sekian, saya nukar secukupnya.

sebenarnya kalau gak bisa/gak sempet nukar di Money Changer di Indo, di negara tujuan kalian juga ada. yang penting rajin-rajin searching aja.  waktu itu saya di pintu masuk Mall Twin Towers juga langsung disambut jasa penukaran uang, ada disebelah kanan. 


Oke, samapai sini masih oke, belum ada sakit hati, merasa di tepu, merasa di rugikan, dsb.
selanjutnya, dibawah ini adalah cerita yang jadi pelajaran buat saya pribadi dan saya mau share ke temen-temen semua. Biar gak kejadian lagi


Yaitu saat saya balik dari MY ke INA, mau nuker uang di Money Changer yang sama seperti tempat saya beli USD waktu itu. karena uang saya masih sisa. kan lumayan bisa dibuat jajan seblak kalo di tuker ke rupiah. hehe. i`m` Kidding
Tapi ternyata pas saya sampai Mall nya, Kantor nya masih tutup. 


CLOSED.

disini ketidaksabaran diri saya terungkap dan teruji

Akhirnya saya ke lantai atas, karena saya ingat, ada 2 kantor money changer lantai atasnya.
pas saya sampai. benar sekali, ada 2.
disebelah kanan dan kiri saya. saya pilih yang kiri. gak tau kenappaaaaaaa.....padahal yang kanan juga bisa bisa ajaaaa...
oke lanjut. 

saya langsung masuk ke Kantor yang DESAIN nya menurut saya aja udah WOW.. mencolok mata. dia beda sendiri dari 2 money changer yang saya lihat sebelumnya. ini lebih glamour dan MAHAL kelihatannya. (malahan menurut saya, itu mirip kantor buat beli apartemen-apartemen yg biasanya itu).
kali ini perempuan yang melayani saya, saya tanya, kalo mau jual Ringgit ke Rupiah berapa?
dia jawab dengan santainya
"sekitar 3 ribuah"

W.H.A.T.!.!.!.! GI$^&!*(!)%@$ck^s$
 kaget yak saya. 

saya bilang, 
saya dulu beli RP.3550 per 1 Ringgit. jauh banget kalo ke 3000

Trus saya bilang lagi, emm saya dulu beli sekitar 4000 an. (ngetes mereka)

trus kata ibunya, 
ih mahal. kaga mungkin. kaga pernah sampe segitu,sekitar 3000 an per ringgit.

trus saya bilang,
emm...Rp.3550 waktu itu. kaga mungkin 3000 dijualnya

trus mereka bilang, 
emang biasanya gitu, kalo ngejual mata uang asing, harganya jauh lebih rendah. coba liat di tv mungkin ada-mungkin ada.
(kaga nemu)

saya itu posisinya udah ngeluarin semua uangnya, sekitar 255 RM ++ dan recehan sen nya.

trus ibunya bilang+nanya,
satu ringgit harganya disini Rp.3000 ka. 

trus saya bilang,
mahal bu....

tiba-tiba jadi hening.....gak tau kenapa....sekitar 10 detik awkward.

dan si ibu nanya lagi,
mau gak?? 3000?


trus gue DENGAN BODOH NYA bilang, 
Rp.3050 deh bu.

DASARRRRRR....


akhirnya ibunya, oke. 


AAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAA

dan saya dapet sekitar 777rb ++ (lupa)

saya keluar dengan wajah bingung. gak tau kenapa. azzz. kayak belum puas. kayak ada yang ngeganjel di ati,

akhirnya saya ke money changer yang dibawah, trus dia udah BUKAAAAAA.
saya beli eskrim dulu waktu itu, buuat nenangin otak, COOLING DOWN AND STAY RELAX 
(I WAS TRYING, HUH?!)

setelah Es Krim ditangan,
saya mendatangi Money Changer yang tutup tadi iitu. 
saya tanya ke emasnya,
mas, saya mau tanya doang ya. kalo saya mau nuker ringgit ke rupiah, berapa per 1 rm?

Mas nya jawab,
sekitar 3400 an. 

WHAAAATTTT!!!! tttiiiga berapa? Rp.3400/ringgit

pada saat itu saya bener-bener nngulangin pertanyaan dan memastikan perkataan emas itu berulang-ulang. sampai pada titik dimana saya ingin mengobrak abrik lantai atas (maap maapp esmosi).

3050 DAN 3400 itu bedaaa bangetttt....

selisih 350
coba itung sendiri kalau saya bener-bener nuker di kantor emasnya... dapet sekitar 867rb

saya duduk diluar, makan es krim sambil naruh kepala diatas meja. mau teriak rasanya.

beda 90an rb dari 2 kantor yang berbeda...lumayan bangett bangettt...

mungkin saya masih beruntung, cuman rugi 90k. tapi kalau kalian-kalian yang uangnya lebih banyak, sampai mau nuker berjuta-juta. pasti nominal kerugiannya makin besar. 


 tips dari saya buat kalian para PEMULA:
1. Patikan tempat nya sudah terdaftar. 
Jadi bukan jasa money changer gadungan. minimal ada nama perusahaannya. jangan money changer aja.
2. usahakan kamu TIDAK MALAS DAN MAGER  membandingkan harga jual kurs/mata uang yang ingin kamu jual/tukarkan ke rupiah. minimal bandingin di 3 tempat yang berbeda.
pas masuk kantornya, kalimat pertama yang keluar dari mulut kamu adalah: 
"mas/mba, SAYA MAU TANYA"
 bukan bilang "SAYA MAU NUKER DUIT"  yaaakkk!!! tahaannn...relaxxx...jangan langsung ngegas mau nuker duitnya ya.


3. jangan takut bilang, gak jadi nuker. 
Misalnya kalian pikir, itu masih mahal. kalian mau ke kantor yang lain. tapi kalian gak enak buat biang engga. nah, Kalau gak enakan, kalian bisa pakai bahasa halus,
seperti "oke bu/pak/mas, saya keluar dulu ya. kalo saya cocok, saya kesini lagi."
4. tanya temen yang punya rekomendasi tempat penukaran uang yang terpercaya dan gak abal-abal. setelah saya menceritakan pengalaman pahit ini ke beberapa temen saya, ada satu yangg merekomendasikan di daerah blok m, katanya dia waktu itu nuker sekitar Rp.3.448/ringgit. makin-makin shock aja guee....azzzz 
5. baca doa jangan lupa. 
6. cek pengalaman orang lain juga ya. karena pengalaman adalah guru terbaik.
(*tips milih jasa money changer juga ada di blog-blog lain. bisa di searching sendiri)



sekian. wassalam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita selama MPA UNJ 2015 [PART 1]

DONOR DARAH 3 bulan sekali yuk :)

NASIB SI MIMPI.